TUGAS 1 PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA



PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Disusun oleh:

Nama           : Nur Fadlia
NPM             : 55415176
                                                Kelas            : 4IA08
          Tugas           : Pertama (1)
          Dosen         : Ibu Siti Saidah







UNIVERSITAS  GUNADARMA
DEPOK
ATA 2018/2019

1.   Defini Bisnis, TIK dan Bisnis Informatika

A.   Definisi Bisnis
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
Agar lebih memahami apa arti bisnis, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah pengertian bisnis menurut para ahli:
1.    Hughes dan Kapoor
Menurut Hughes dan Kapoor, definisi bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
2.    Brown dan Pretello
Menurut Brown dan Pretello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.
3.    Jeff Madura
Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.
4.    L. R. Dicksee
Menurut L. R. Dicksee, definisi bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.
5.    William Spregal
Mengatakan bahwa bisnis ialah suatu kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang atau jasa yang bisa diklasifikasikan dalam kegiatan-kegiatan bisnis.
6.    Hooper
Menyatakan bahwa bisnis merupakan keseluruhan yang kompleks pada bidang-bidang industri dan penjualan, industri dasar, prosesnya, industri manufaktur dan jaringan, insuransi, perbankan, distribusi, transportasi dan lainnya yang kemudian masuk secara menyeluruh dalam dunia bisnis. Tujuannya memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakannya.
7.    Merriam Webster
Bisnis merupakan segala aktifitas pembuatan dan jual beli barang jasa kemudian ditukar dengan uang, kegiatan atau keja merupakan suatu pekerjaan dan jumlah kegiatan tersebut terselesaikan oleh sebuah perusahaan, pabrik ataupun toko.      

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan utnuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha yang berlangsung secara terus menerus selama masih memberikan keuntungan. 

B.    Definisi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris ‘Information and Communication Technologies’, jika di singkat ‘ICT’ dapat di artikan sebagai payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan Informasi. Itulah secara singkat mengenai pengertian teknologi informasi dan komunikasi.
Kata teknologi yaitu berasal dari bahasa Yunani “technologia”, atau “techne” yang memiliki arti “keahlian” dan juga “logia” yang artinya “pengetahuan”. Dalam pengertian yang sempit dapat di artikan teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras, dan
TIK mencakup 2 (dua) aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi, di bawah ini adalah penjelasannya:
  • Teknologi informasi diantaranya meliputi segala hal-hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan juga pengelolaan informasi.
  • Lalu teknologi komunikasi adalah segala sesuatu atauhal-hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses serta mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.
Dari dua definisi sederhana di atas tadi tampak bahwa teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah 2 (dua) buah konsep yang sangat tidak terpisahkan. Oleh karena itu, TIK mengandung pengertian luas yaitu segala atau semua kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan juga pemindahan informasi antar media yang satu ke media yang lainnya.
Di bawah ini beberapa pengertian TIK (Teknologi Informasi dan komunikasi) menurut par ahli:
·         Menurut Eric Deeson
Teknologi informasi & Komunikasi  adalah kebutuhan manusia didalam mengambil & memindahkan , mengolah & memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.
·         Menurut Menurut Susanto
Teknologi  Informasi & Komunikasi  adalah sebuah media / alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.

C.   Bisnis Informatika
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi  disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.


2.   Bisnis E-commerce Shopee
Shopee adalah aplikasi Marketplace online untuk jual beli di ponsel dengan mudah dan cepat. Shopee menawarkan berbagai macam produk-produk mulai dari produk fashion sampai dengan produk untuk kebutuhan sehari-hari. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobile untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan belanja online tanpa harus membuka website melalui perangkat komputer.
Shopee mulai masuk ke pasar Indonesia pada akhir bulan Mei 2015 dan Shopee baru mulai beroperasi pada akhir Juni 2015 di Indonesia. Shopee telah hadir di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Shopee Indonesia beralamat di Wisma 77 Tower 2, Jalan Letjen. S. Parman, Palmerah, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11410, Indonesia. (Shopee, 2015)
Shopee hadir di Indonesia untuk membawa pengalaman berbelanja baru. Shopee memfasilitasi penjual untuk berjualan dengan mudah serta membekali pembeli dengan proses pembayaran yang aman dan pengaturan logistik yang terintegrasi.
Sasaran pengguna Shopee adalah kalangan muda yang saat ini terbiasa melakukan kegiatan dengan bantuan gadget termasuk kegiatan berbelanja. untuk itu Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobile guna untuk menunjang kegiatan berbelanja yang mudah dan cepat. Kategori produk yang ditawarkan Shopee lebih mengarah pada produk fashion dan perlengkapan rumah tangga.
Pada halaman awal pengguna akan disambut dengan beberapa kategori yang tersedia di Shopee, antara lain Pakaian Wanita, Pakaian Pria, Sepatu Wanita, Sepatu Pria, Tas, Fashion Muslim, Aksesoris Fashion, Kecantikan & Kesehatan, Jam Tangan, Gadget, Perlengkapan Olahraga, Hobi & Mainan, Perlengkapan Bayi & Anak, Perlengkapan Rumah, Elektronik, Komputer & Aksesoris, Makanan & Minuman, Voucher, Fotografi, Otomotif, dan Serba Serbi yang di dalamnya terdapat camilan dan dekorasi rumah.
Beberapa keunggulan Shopee menurut Chris Feng, CEO Shopee dalam acara peluncuran Shopee di Jakarta adalah:
a.    Menjual barang dengan cukup cepat, dapat dilakukan hanya dalam waktu 30 detik.
b.    Memiliki tampilan yang sederhana dan dapat dengan mudah digunakan walaupun oleh pengguna baru.
c.    Menawarkan fitur chatting dengan penjual sehingga dengan mudah bisa langsung bertransaksi atau tawar menawar. Fitur ini sangat memudahkan pengguna aplikasi shopee mengingat di aplikasi atau situs e-commerce lainnya pembeli harus menyimpan nomer telepon terlebih dahulu untuk berhubungan langsung. Fitur chatting pada aplikasi shopee juga berbeda karena selain bisa mengirim pesan tetapi juga bisa mengirim tautan seperti foto.
d.    Memiliki fitur tawar yang memungkinkan pembeli untuk menawar harga yang sudah ditetapkan oleh penjual.
e.    Memiliki fitur berbagi yang lengkap sehingga dengan mudah menyebarkan info ke berbagai media social atau messenger, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line, Pinterest, Whatsapp, Buzz, hingga Beetalk.
f.     Shopee mengintegrasikan fitur media sosial mencakup fungsi hashtag, yang memungkinkan pengguna mencari barang atau produk yang sedang populer atau untuk mengikuti tren produk terbaru dengan mudah.
Selain memiliki kelebihan, Shopee juga memiliki kelemahan seperti yang berikut ini:
a.    Respon penjual yang terkadang cukup lama
b.    Situs yang susah diakses pada jam-jam tertentu
c.    Ada beberapa penjual yang tidak jujur sehingga merugikan para pembeli
d.    Untuk promo ongkir gratis diberi syarat atau ketentuan yang cukup merepotkan
e.    Beberapa gambar atau tampilan produk yang dianggap kurang menarik

3.   Perkembangan Bisnis Informatika di dunia dan Indonesia
Pada zaman sekarang perkembangan teknologi informasi terjadi sangat pesat dan tidak bisa dihindari. Sejak komputer pertama kali ditemukan pada tahun 1955, peradaban dunia mengalami perkembangan informasi yang baru dan cepat yang didukung dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi ini juga sangat mempengaruhi dalam dunia bisnis. Pada saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan teknologi dalam menjalankan bisnis perusahaan tersebut. Penerapan TIK menyebabkan perubahan kebiasaan dalam bidang bisnis salah satunya yaitu E-commerce yang banyak digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk mereka karena hanya dengan menggunakan media internet produk tersebut bisa terjangkau semua kalangan.
Perkembagan TIK yang sangat dirasakan dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia yaitu memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan bisnis dengan rekan bisnis mereka yang berada di negara lain saat ini sangat mudah untuk mengatasi kesulitas tersebut yaitu dengan memanfaatkan video conference maupun internet call yang bisa digunakan kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Penggunaan video conference ini banyak digunakan di semua industry global.
Selain mempengaruhi pada pengusaha yang mempunyai perusahaan untuk berkomunikasi dengan rekan bisnisnya, perkembangan TIK juga sangat berdampak besar terhadap pegawai perusahaan. Pada saat ini pegawai perusahaan tidak perlu memberika lembaran pekerjaan dalam bentuk kertas namun bisa memanfaatkan fasilitas email gratis untuk mengirimkan hasil laporan kerja.
Perkembangan TIK dalam dunia bisnis dapat membantu urusan bisnis lebih cepat tanpa menggunakan biaya yang begitu besar seperti untuk mengumpulkan para karyawan satu per satu untuk rapat dengan memanfaatkan fitur pada handset ponsel pintar sehingga rapat bisa dilaksanakan dimana saja tanpa harus berkumpul di satu tempat.
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia sangat erat kaitannya dengan pesatnya teknologi yang ada di Indonesia. Salah satu jenis bisnis informatika yang sedang berkembang pesat di Indonesia yaitu E-Commerce yang sebanding dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia. Faktor pengguna internet di Indonesia yang semakin meningakt merupakan salah satu factor yang mempengaruhi pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Faktor modal dalam melakukan bisnis informatika juga tidak membutuhkan modal yang besar contohnya untuk memulai usaha E-commerce karena dengan mampu membuat website yang menarik perhatian konsumen, sosialisasi yang bagus, dan juga cara pemasaran yang dilakukan pemilik  e-commerce maka konsumen dan keuntungan penjualan akan menghampiri bisnis tersebut.  Berdasarkan dampak perkembangan TIK dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia seperti contoh diatas dan factor yang mendukung maka tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya perkembangan zaman bisa membuat seluruh bidang bisnis di masa depan lebih maju dengan menggunakan segala sesuatu yang behubungan erat dengan bidang informatika.



DAFTAR PUSTAKA





0 komentar:

Posting Komentar