PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
Disusun oleh:
Nama :
Nur Fadlia
NPM :
55415176
Kelas : 4IA08
Tugas : Pertama (1)
Dosen : Ibu Siti Saidah
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
ATA 2018/2019
1. Defini Bisnis, TIK dan Bisnis
Informatika
A.
Definisi Bisnis
Pengertian
Bisnis Menurut Para Ahli
Agar
lebih memahami apa arti bisnis, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa
ahli. Berikut ini adalah pengertian bisnis menurut para ahli:
1. Hughes
dan Kapoor
Menurut Hughes dan Kapoor, definisi
bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan
menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan
masyarakat.
2. Brown
dan Pretello
Menurut Brown dan Pretello, pengertian
bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh
masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan
pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.
3. Jeff Madura
Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis
adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh
pelanggan.
4. L. R. Dicksee
Menurut L. R. Dicksee, definisi bisnis
adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh
keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya
aktivitas tersebut.
5. William
Spregal
Mengatakan bahwa bisnis ialah suatu
kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang atau jasa yang
bisa diklasifikasikan dalam kegiatan-kegiatan bisnis.
6. Hooper
Menyatakan bahwa bisnis merupakan
keseluruhan yang kompleks pada bidang-bidang industri dan penjualan, industri
dasar, prosesnya, industri manufaktur dan jaringan, insuransi, perbankan,
distribusi, transportasi dan lainnya yang kemudian masuk secara menyeluruh
dalam dunia bisnis. Tujuannya memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakannya.
7. Merriam
Webster
Bisnis merupakan segala aktifitas
pembuatan dan jual beli barang jasa kemudian ditukar dengan uang, kegiatan
atau keja merupakan suatu pekerjaan dan jumlah kegiatan tersebut terselesaikan
oleh sebuah perusahaan, pabrik ataupun toko.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa
pengertian bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang
yang bertujuan utnuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang
berusaha yang berlangsung secara terus menerus selama masih memberikan
keuntungan.
B.
Definisi TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi)
TIK adalah
singkatan dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa
Inggris ‘Information and Communication Technologies’, jika di
singkat ‘ICT’ dapat di artikan sebagai payung besar
terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan
Informasi. Itulah secara singkat mengenai pengertian teknologi informasi dan
komunikasi.
Kata
teknologi yaitu berasal dari bahasa Yunani “technologia”, atau “techne” yang
memiliki arti “keahlian” dan juga “logia” yang artinya “pengetahuan”. Dalam pengertian
yang sempit dapat di artikan teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada
objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti
mesin, perkakas, perangkat keras, dan
TIK mencakup
2 (dua) aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi, di bawah ini
adalah penjelasannya:
- Teknologi informasi diantaranya meliputi segala
hal-hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,
manipulasi dan juga pengelolaan informasi.
- Lalu teknologi komunikasi adalah segala sesuatu
atauhal-hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses
serta mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.
Dari dua definisi sederhana di atas tadi tampak bahwa teknologi informasi
dan teknologi komunikasi adalah 2 (dua) buah konsep yang sangat tidak
terpisahkan. Oleh karena itu, TIK mengandung pengertian luas yaitu segala atau
semua kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan juga
pemindahan informasi antar media yang satu ke media yang lainnya.
Di bawah ini
beberapa pengertian TIK (Teknologi Informasi dan komunikasi) menurut par ahli:
·
Menurut Eric Deeson
Teknologi informasi & Komunikasi adalah kebutuhan manusia didalam
mengambil & memindahkan , mengolah & memproses informasi dalam konteks
sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.
·
Menurut Menurut Susanto
Teknologi Informasi & Komunikasi adalah sebuah media / alat
bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data /
informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan
untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.
C. Bisnis
Informatika
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan
individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan
mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.
Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan
teknologi informasi seperti internet.
2.
Bisnis E-commerce Shopee
Shopee adalah aplikasi Marketplace online untuk jual
beli di ponsel dengan mudah dan cepat. Shopee menawarkan berbagai macam
produk-produk mulai dari produk fashion sampai dengan produk untuk kebutuhan
sehari-hari. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobile untuk memudahkan
penggunanya dalam melakukan kegiatan belanja online tanpa harus membuka website
melalui perangkat komputer.
Shopee mulai masuk ke pasar Indonesia pada akhir bulan
Mei 2015 dan Shopee baru mulai beroperasi pada akhir Juni 2015 di Indonesia.
Shopee telah hadir di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara seperti
Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Shopee
Indonesia beralamat di Wisma 77 Tower 2, Jalan Letjen. S. Parman, Palmerah,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11410, Indonesia. (Shopee, 2015)
Shopee hadir di Indonesia untuk membawa pengalaman
berbelanja baru. Shopee memfasilitasi penjual untuk berjualan dengan mudah
serta membekali pembeli dengan proses pembayaran yang aman dan pengaturan
logistik yang terintegrasi.
Sasaran pengguna Shopee adalah kalangan muda yang saat
ini terbiasa melakukan kegiatan dengan bantuan gadget termasuk kegiatan
berbelanja. untuk itu Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobile guna untuk
menunjang kegiatan berbelanja yang mudah dan cepat. Kategori produk yang
ditawarkan Shopee lebih mengarah pada produk fashion dan perlengkapan rumah
tangga.
Pada halaman awal pengguna akan disambut dengan beberapa
kategori yang tersedia di Shopee, antara lain Pakaian Wanita, Pakaian Pria,
Sepatu Wanita, Sepatu Pria, Tas, Fashion Muslim, Aksesoris Fashion, Kecantikan
& Kesehatan, Jam Tangan, Gadget, Perlengkapan Olahraga, Hobi & Mainan,
Perlengkapan Bayi & Anak, Perlengkapan Rumah, Elektronik, Komputer &
Aksesoris, Makanan & Minuman, Voucher, Fotografi, Otomotif, dan Serba Serbi
yang di dalamnya terdapat camilan dan dekorasi rumah.
Beberapa keunggulan Shopee menurut Chris Feng, CEO
Shopee dalam acara peluncuran Shopee di Jakarta adalah:
a. Menjual
barang dengan cukup cepat, dapat dilakukan hanya dalam waktu 30 detik.
b. Memiliki
tampilan yang sederhana dan dapat dengan mudah digunakan walaupun oleh pengguna
baru.
c. Menawarkan
fitur chatting dengan penjual sehingga dengan mudah bisa langsung bertransaksi
atau tawar menawar. Fitur ini sangat memudahkan pengguna aplikasi shopee
mengingat di aplikasi atau situs e-commerce lainnya pembeli harus menyimpan
nomer telepon terlebih dahulu untuk berhubungan langsung. Fitur chatting pada
aplikasi shopee juga berbeda karena selain bisa mengirim pesan tetapi juga bisa
mengirim tautan seperti foto.
d. Memiliki
fitur tawar yang memungkinkan pembeli untuk menawar harga yang sudah ditetapkan
oleh penjual.
e. Memiliki
fitur berbagi yang lengkap sehingga dengan mudah menyebarkan info ke berbagai
media social atau messenger, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line,
Pinterest, Whatsapp, Buzz, hingga Beetalk.
f. Shopee
mengintegrasikan fitur media sosial mencakup fungsi hashtag, yang memungkinkan
pengguna mencari barang atau produk yang sedang populer atau untuk mengikuti
tren produk terbaru dengan mudah.
Selain memiliki kelebihan, Shopee juga memiliki
kelemahan seperti yang berikut ini:
a. Respon
penjual yang terkadang cukup lama
b. Situs
yang susah diakses pada jam-jam tertentu
c. Ada
beberapa penjual yang tidak jujur sehingga merugikan para pembeli
d. Untuk
promo ongkir gratis diberi syarat atau ketentuan yang cukup merepotkan
e. Beberapa
gambar atau tampilan produk yang dianggap kurang menarik
3.
Perkembangan
Bisnis Informatika di dunia dan Indonesia
Pada zaman sekarang perkembangan teknologi informasi
terjadi sangat pesat dan tidak bisa dihindari. Sejak komputer pertama kali
ditemukan pada tahun 1955, peradaban dunia mengalami perkembangan informasi
yang baru dan cepat yang didukung dengan kemajuan ilmu pengetahuan.
Perkembangan teknologi ini juga sangat mempengaruhi dalam dunia bisnis. Pada
saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan teknologi dalam
menjalankan bisnis perusahaan tersebut. Penerapan TIK menyebabkan perubahan
kebiasaan dalam bidang bisnis salah satunya yaitu E-commerce yang banyak
digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk mereka karena hanya dengan
menggunakan media internet produk tersebut bisa terjangkau semua kalangan.
Perkembagan TIK yang sangat dirasakan dalam dunia bisnis
di dunia dan Indonesia yaitu memberikan kemudahan dan kelancaran dalam
menjalankan bisnis dengan rekan bisnis mereka yang berada di negara lain saat
ini sangat mudah untuk mengatasi kesulitas tersebut yaitu dengan memanfaatkan
video conference maupun internet call yang bisa digunakan kapan saja tanpa
harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Penggunaan video conference ini
banyak digunakan di semua industry global.
Selain mempengaruhi pada pengusaha yang mempunyai
perusahaan untuk berkomunikasi dengan rekan bisnisnya, perkembangan TIK juga
sangat berdampak besar terhadap pegawai perusahaan. Pada saat ini pegawai
perusahaan tidak perlu memberika lembaran pekerjaan dalam bentuk kertas namun
bisa memanfaatkan fasilitas email gratis untuk mengirimkan hasil laporan kerja.
Perkembangan TIK dalam dunia bisnis dapat membantu
urusan bisnis lebih cepat tanpa menggunakan biaya yang begitu besar seperti
untuk mengumpulkan para karyawan satu per satu untuk rapat dengan memanfaatkan
fitur pada handset ponsel pintar sehingga rapat bisa dilaksanakan dimana saja
tanpa harus berkumpul di satu tempat.
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia sangat erat
kaitannya dengan pesatnya teknologi yang ada di Indonesia. Salah satu jenis
bisnis informatika yang sedang berkembang pesat di Indonesia yaitu E-Commerce
yang sebanding dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia. Faktor pengguna
internet di Indonesia yang semakin meningakt merupakan salah satu factor yang
mempengaruhi pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Faktor
modal dalam melakukan bisnis informatika juga tidak membutuhkan modal yang
besar contohnya untuk memulai usaha E-commerce karena dengan mampu membuat
website yang menarik perhatian konsumen, sosialisasi yang bagus, dan juga cara
pemasaran yang dilakukan pemilik e-commerce maka konsumen dan keuntungan
penjualan akan menghampiri bisnis tersebut. Berdasarkan dampak perkembangan
TIK dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia seperti contoh diatas dan factor
yang mendukung maka tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya perkembangan
zaman bisa membuat seluruh bidang bisnis di masa depan lebih maju dengan
menggunakan segala sesuatu yang behubungan erat dengan bidang informatika.
DAFTAR
PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar